ANDA MEMASUKI WILAYAH ZONA INTEGRITAS BALAI BESAR KERAMIK MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH MELAYANI                                     LSPro BBK Melayani Jasa Layanan Sertifikasi Industri Hijau

Teknologi

Bahan Keramik yang Dapat Menyerap Gelombang Microwave dan Membuat Proses Memasak Menjadi Lebih Cepat

Input By: Sukiyo | Posted on: 2016-04-11 17:07:21

Saat ini memasak dengan menggunakan microwave sangat praktis dan cepat karena mudah dalam penggunaannya. Akan tetapi dengan trend harga energi saat ini yang terus naik mengakibatkan harga listrik yang turut naik. Untuk menghemat pengeluaran listrik maka memasak menggunakan microwave harus dengan waktu yang lebih singkat.

Menurut Sridhar Komarneni, seorang profesor ahli mineral lempung di Pennsylvania, permasalahan ketika memasak dengan microwave adalah wadah tempat makanan tidak ikut panas ketika diberi gelombang microwave, hanya molekul air, lemak, dan gula yang ada di dalam makanan saja yang menjadi panas. Oleh karena itu banyak panas yang hilang pada saat proses memasak sehingga memasak memerlukan waktu yang lebih lama.

Professor Sridhar Komarneni, Hiroaki Katsuki dan Nobuaki Kamochi di Saga Laboratory membuat sebuah mangkok keramik yang dapat menyerap gelombang microwave sehingga pada saat memasak, wadah tersebut ikut menjadi panas. Dengan menggunakan mangkok ini proses memasak dapat dilakukan menjadi lebih cepat. Keramik ini dibuat dengan cara mencampur serbuk magnetit 20% dan petalit 80% yang kemudian ditekan hingga padat lalu dibakar pada temperatur tinggi.

Professor Sridhar Komarneni di laboratoriumnya (Sumber: Pennsylvania State University)

Pada percobaan memasak nasi dengan menggunakan mangkok biasa biasanya memerlukan waktu sekitar 15 menit, sedangkang dengan menggunakan mangkok yang dapat menyerap microwave ini bisa menjadi setengah waktu memasaknya. Pada saat dikeluarkan dari microwave mangkok ini tetap bisa menjaga temperatur panasnya.

Foto mangkok untuk memasak nasi dengan bahan keramik baru sehingga makanan akan panas lebih cepat dan panas lebih lama (Sumber: Pennsylvania State University / Sridhar Komarneni)

Tidak menutup kemungkinan keramik ini dapat digunakan untuk aplikasi lain misalnya membuat plat keramik untuk tempat mengantarkan pizza agar pizza tetap hangat sampai di pembeli. (Sinta R.)

 

Sumber :

http://www.livescience.com/7535-cookware-speeds-microwaving-time.html

http://thefutureofthings.com/3764-energy-efficient-microwaveable-ceramics/

http://news.psu.edu/story/184269/2008/08/28/research/ceramic-material-revs-microwaving